UPAYA
PENINGKATAN PENGAWASAN PENGENDALIAN DAN
EFEK JERA
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Banten
DASAR HUKUM
I. UU 32 TAHUN 2004 Tentang PEMERINTAHAN DAERAH
▫PERDA
NO 3 THN 2008 Tentang PEMBENTUKAN, ORGANISASI DAN TATA KERJA
DINAS DAERAH
PROVINSI BANTEN
▫PERDA
NO 49 THN 2002 Tentang PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN
▫PERDA
NO 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH
▫
II. UU 14 TAHUN 1992
tentang LALU LINTAS ANGKUTAN JALAN àUU 22 TAHUN 2009
tentang
LALU LINTAS ANGKUTAN JALAN
Pasal 169, 170, 171, 172 à Pengawasan Muatan
Barang
Pasal 307 à Ketentuan Pidana
VISI &
MISI
“PERHUBUNGAN,
KOMUNIKASI
INFORMATIKA
BANTEN
YANG
HANDAL DAN BERDAYA SAING”
a.MENINGKATKAN KAPASITAS
KELEMBAGAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR MENUJU TATA PEMERINTAHAN YANG
BAIK, BERSIH, DAN PROFESIONAL YANG BERORIENTASI PADA PELAYANAN PUBLIK;
b.MENINGKATKAN PELAYANAN
PERHUBUNGAN,
KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG TERPADU, SELAMAT, AMAN, KAPASITAS MENCUKUPI,
AKSESIBILITAS TINGGI,
NYAMAN, CEPAT,
TEPAT, TERTIB, TERATUR, BERKESINAMBUNGAN, TERJANGKAU DAYA BELI DAN RAMAH LINGKUNGAN
c.MENINGKATKAN PELAYANAN PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN
INFORMATIKA YANG BERDAYA
SAING DAN MEMBERIKAN NILAI TAMBAH.
KOMITMEN dan
UPAYA PENINGKATAN KINERJA
JEMBATAN
TIMBANG
REGULASI DI
JEMBATAN TIMBANG BANTEN
2003 2004 2005 2006 2007 2008 2009 2010 2011 2012 2013 2014
KEPGUB No. 11 Th 2003;
KEPGUB No. 17 Th 2004 jo PERGUB No. 21 Th 2005
Tentang
TATA
CARA PEMUNGUTAN RETRIBUSI KELEBIHAN MUATAN ANGKUTAN BARANG PER GOLONGAN
KENDARAAN DALAM WILAYAH PROVINSI BANTEN
PERDA NO. 9 TH 2011
Retribusi Daerah
JASA PENIMBANGAN KEND BERMOTOR
PERMASALAHAN
OPERASIONAL
JEMBATAN TIMBANG
1.Biaya Penerbitan Buku Uji Baru
(STUK Baru) LEBIH RENDAH daripada Biaya/Sanksi Tilang Pengadilan, sehingga saat SIDANG Jaminan Buku Uji yang ditahan oleh Pengadilan, cenderung tidak diambil oleh Pengemudi/Perusahaan.
2.Keterbatasan Kewenangan PPNS Dinas
Perhubungan dan LLAJ untuk menahan jaminan sidang.
3.Perbedaan
besarnya denda tilang antar pengadilan negeri.
4.Vonis atau sanksi denda yang ditetapkan oleh pengadilan terhadap pelanggaran kelebihan muatan masih terlalu rendah sehingga tidak memberikan efek jera terhadap operator/ pengemudi angkutan barang.
5.Keengganan awak kendaraan menurunkan muatan atau pengembalian kendaraan karena alasan kendaraan berasal dari Provinsi Lain dan telah menempuh perjalanan jauh (mendekati tujuan akhir).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar