Minggu, 16 November 2014

SOSIALISASI ANGKUTAN UMUM AKDP 12 NOPEMBER 2014





PENGEMBANGAN SISTEM PELAYANAN
ANGKUTAN UMUM PENUMPANG

DI WILAYAH PROVINSI BANTEN DAN RENCANA TINDAK LANJUT

Oleh
KEPALA DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI
DAN INFORMATIKA PROVINSI BANTEN


VISI:
“PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN
INFORMATIKA BANTEN
YANG HANDAL DAN BERDAYA SAING

MISI:
1.   MENINGKATKAN KAPASITAS KELEMBAGAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR MENUJU TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK, BERSIH, DAN PROFESIONAL YANG BERORIENTASI PADA PELAYANAN PUBLIK;

2.      MENINGKATKAN PELAYANAN PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG TERPADU, SELAMAT, AMAN, KAPASITAS MENCUKUPI, AKSESIBILITAS TINGGI, NYAMAN, CEPAT, TEPAT, TERTIB, TERATUR, BERKESINAMBUNGAN, TERJANGKAU DAYA BELI DAN RAMAH LINGKUNGAN

3.     MENINGKATKAN PELAYANAN PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG BERDAYA SAING DAN MEMBERIKAN NILAI TAMBAH.

˜KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PERHUBUNGAN 



DIFOKUSKAN DALAM RANGKA MENDUKUNG :
•  PENINGKATAN KESELAMATAN DAN KELANCARAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI MELALUI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA PERHUBUNGAN
•  KESTABILAN KONDISI KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN MELALUI PENGENDALIAN MUATAN ANGKUTAN BARANG
•      OPTIMALISASI PELAYANAN  PADA SIMPUL TRANSPORTASI  (TERMINAL, KERETA API,  PELABUHAN DAN BANDARA)
•     PENGENDALIAN KESELAMATAN DAN KELANCARAN PERHUBUNGAN MELALUI PENEGAKAN HUKUM DAN PERIJINAN
•     PENGEMBANGAN TRANSPORTASI MASSAL DI PERKOTAAN DAN KETERSEDIAAN PELAYANAN TRANSPORTASI TERUTAMA PADA DAERAH TERPENCIL DAN TERISOLIR
•  PENDAYAGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN MENDUKUNG PELAYANAN TRANSPORTASI

DASAR HUKUM PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN

UU NO 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
PP NO 37 TAHUN 2011 TENTANG FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
KM 35 TAHUN 2003 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG DI
    JALAN DENGAN KENDARAAN UMUM
PERDA NO 8 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN
PERDA NO 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH
PERGUB NO 8 TAHUN 2004 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN 
    PENUMPANG UMUM DALAM  WILAYAH PROVINSI BANTEN

ISSU STRATEGIS PENGEMBANGAN PERHUBUNGAN  

1.  PENINGKATAN KESELAMATAN DAN KELANCARAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI MELALUI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA PERHUBUNGAN
2.  KESTABILAN KONDISI KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN MELALUI PENGENDALIAN MUATAN ANGKUTAN BARANG
3.     OPTIMALISASI PELAYANAN  PADA SIMPUL TRANSPORTASI  (TERMINAL, KERETA API,  PELABUHAN DAN BANDARA)
4.     PENGENDALIAN KESELAMATAN DAN KELANCARAN PERHUBUNGAN MELALUI PENEGAKAN HUKUM DAN PERIJINAN
5.    PENGEMBANGAN TRANSPORTASI MASSAL DI PERKOTAAN DAN KETERSEDIAAN PELAYANAN TRANSPORTASI TERUTAMA PADA DAERAH TERPENCIL DAN TERISOLIR
6.     KOORDINASI PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI MELALUI FORUM LLAJ
7.  PENDAYAGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN MENDUKUNG PELAYANAN TRANSPORTASI
˜

ANGKUTAN UMUM DI WILAYAH  BANTEN

1.    PELAYANAN ANGKUTAN ORANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR
      UMUM
            DALAM TRAYEK
                                      •ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI
                                      •ANGKUTAN KHUSUS (KARYAWAN, ANTAR JEMPUT,
                                        PEMADU MODA, PEMUKIMAN)

            TIDAK DALAM TRAYEK

                                     •DENGAN MENGGUNAKAN TAKSI
                                     •DENGAN TUJUAN TERTENTU
                                     •UNTUK KEPERLUAN PARIWISATA                                                                                       •DI KAWASAN TERTENTU
         II. PELAYANAN ANGKUTAN BARANG DENGAN KENDARAAN BERMOTOR 
             UMUM 
                 a.ANGKUTAN BARANG UMUM
                 b.ANGKUTAN BARANG KHUSUS
˜
STANDAR PELAYANAN ANGKUTAN ORANG

Perusahaan Angkutan Umum 

wajib memenuhi 

standar pelayanan minimal 


keamanan

                 kenyamanan   

                                     keselamatan   

                                                       keterjangkauan   

                                                                          kesetaraan   

                                                                                         keteraturan



˜PERIZINAN ANGKUTAN


Perusahaan Angkutan Umum 
yang menyelenggarakan 
angkutan orang dan/atau barang
wajib memiliki:


a.   izin penyelenggaraan angkutan orang dalam trayek;

b.   izin penyelenggaraan angkutan orang tidak dalam trayek; dan/ atau

c.   izin penyelenggaraan angkutan barang khusus atau alat berat.




KENDALA  DISIPLIN ANGKUTAN UMUM YANG 

PERLU SEGERA DITINDAK LANJUTI


TI

POKOK :
               
              . ANGKUTAN UMUM PENUMPANG TIDAK BERIZIN


URAIAN KENDALA:


oPLAT NOMOR KUNING YG TIDAK MEMPUNYAI IZIN
   PRINSIP PENGUSAHAAN ANGKUTAN

oPLAT NOMOR KUNING YG TIDAK MEMPUNYAI IZIN
  TRAYEK (SK/KP)

        TERJADINYA KEKOSONGAN PELAYANAN ANGKUTAN 
        PADA ZONA/RUAS TERTENTU


RENCANA TINDAK LANJUT:

        PENERBITAN PLAT KUNING  DENGAN MEMPERTIMBANGKAN 
        PENGANTAR PLAT KUNING


PROGRES:

SEDANG DILAKSANAKAN 



RENCANA TINDAK LANJUT


A. REGULASI

PENYESUAIAN PERATURAN TERHADAP PERKEMBANGAN
    PERMASALAHAN ANGKUTAN
SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANGAN TENTANG
    PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN
oPENEGAKAN HUKUM BERUPA OPERASI PENERTIBAN ANGKUTAN UMUM
  SECARA TERPADU SECARA BERKESINAMBUNGAN


B. DUKUNGAN PRASARANA DAN MODA LAINNYA

oMENDORONG PENGEMBANGAN ANGKUTAN MASAL MODA KERETA API
  DENGAN PEMENUHAN PRASARANA PENDUKUNGNYA (PARK & RIDE 
  PADA STASIUN)
oMENDORONG ANGKUTAN MASAL BUS (FEEDER) YG BERKONEKSI 
  DENGAN JALUR BUSWAY ATAU JARINGAN/STASIUN KA.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar