Selasa, 24 April 2012

RAPAT KOORDINASI TERBATAS DINAS PERHUBUNGAN KOMINFO PROV. BANTEN




PENERTIBAN LALULINTAS & PENANGANAN
LAKA LANTAS







DISAMPAIKAN OLEH :
WADIR LANTAS POLDA BANTEN
AKBP AHMAD ZAINUDIN, SH

DATA PELANGGARAN 
TAHUN 2011
lJumlah Pelanggaran : 47.256 Kasus
  Berdasarkan Jenis Kendaraan Pelanggar :
  à Pick Up        :    2.484 Kasus
  à Bus Kecil     :       984 Kasus
  à Bus Besar    :    1.007 Kasus
  à Truck           :    5.325 Kasus
  à Mopen         :    5.935 Kasus
  à SPM            :  30.861 Kasus

DATA PELANGGARAN
TW. 1 TAHUN 2012

lJumlah Pelanggaran : 9.770 Kasus
  Berdasarkan Jenis Kendaraan Pelanggar :
  à Pick Up       :    226 Kasus
  à Bus Kecil    :      75 Kasus
  à Bus Besar   :    102 Kasus
  à Truck          :    595 Kasus
  à Mopen        :    573 Kasus
  à SPM           : 8.199 Kasus

SASARAN PRIORITAS
GIAT DAKGAR LANTAS

lPsl 287 ayat (1) jo psl 106 ayat (4) huruf a kma 
menyerobot jalan dgn melanggar marka garis utuh 
baik yg berfungsi sbg pembagi lajur maupun stop 
line di lokasi alat pemberi isyarat lalu lintas
(traffic light).

lPsl 287 ayat (2) jo psl 106 ayat (4) huruf b kma 
menyerobot jalan pada perintah keharusan 
berhenti yg diatur oleh alat pemberi isyarat lalu 
lintas (traffic light)

lPsl 287 Ayat (3) Jo Psl 106 Ayat (4) Huruf C :
  à Berhenti di tempat larangan berhenti (berhenti 
      di leter ”S”)
  à Parkir ditempat larangan parkir (leter “P”)
  à Parkir Di Atas Jembatan Atau Bahu Jalan 
      Satu Arah Atau   Tikungan Jalan

lMelawan arah arus lalu lintas ( gerakan lalu 
  lintas


SASARAN PRIORITAS
GIAT DAKGAR LANTAS



lPsl 297 Jo Psl 115 Huruf B Kma Balapan Liar Di 
  Jalan Umum.

lPsl 285 ayat (2) jo psl 106 ayat (3) jo pasal 48 
  ayat (2) kma ranmor roda empat atau lebih di 
  jalan yg tidak memenuhi persyaratan teknis

lPsl 285 ayat (1) jo pasal 106 ayat (3) jo pasal 48 
  ayat (2) dan ayat (3) kma sepeda motor  tidak 
  memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan

lPsl 300 huruf b jo psl 124 ayat (1) huruf d kma 
  pengemudi angkutan umum tdk 
  memberhentikan kendaraannya saat menaikan 
  dan/atau menurunkan penumpang

lPsl 281 jo psl 77 ayat (1) kma mengemudi 
  ranmor dijalan tidak miliki sim
  lalu lintas ( gerakan lalu lintas


SASARAN PRIORITAS
GIAT DAKGAR LANTAS


lPsl 288 ayat (2) jo psl 106 ayat (5) huruf b jo psl
  77 ayat (2) kma sim yg dipergunakan tdk sah 
  dan/atau golongan sim tdk sesuai peruntukannya

lPsl 283 jo psl 106 ayat (1) kma pengemudi tidak 
  mampu mengemudi scr wajar karena pengaruh 
  obat-obatan atau miras kma atau sms sambil 
  mengemudi

lPsl 288 ayat (3) kma tidak melaksanakan 
  kewajiban uji berkala terhadap ranmor yg 
  diwajibkan kma dibuktikan dengan tanda lulus uji 
  berkala yg kadaluarsa atau dimiliki

l Psl 287 ayat (1) jo psl 106 ayat (4) huruf a uu llaj      no 22/2009 jo pasal 41 ayat (2) dan ayat (3) pp no 15 thn 2005 ttg jln tol kma dgn sengaja melaju di bahu jln tol (shoulder) atau memotong median jln tol tdk karena alasan darurat



Kecelakaan lalu lintas

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa dijalan yang tidak disangkasangka dan tdk disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainya, mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda


Penanganan Laka
A. Menerima laporan laka
      1. Lap langsung dr masyakat
      2. Lap lalui Alkom
      3. Diket / ditemukan ang polri
B. Siap datangi TKP
      1. Jml personil ( min 2 ) + KR
      2. Peralatan tangani TKP
          - Alat pengaman TKP
          - Kelengkapan Petugas
          - Alat Olah TKP
C. Datangi TKP
     1. Tolong Korban
       2. Mengamankan TKP
       3. Mengamankan pengemudi
       4. Buat tanda TKP
       5. Catat Saksi
       6. Kumpulkan BB
       7. Ukur / Sketsa di TKP
       8. Buat BA TKP
       9. Minta Visum Et Repertum

D. Penyelesaian
Selesainya perkara kecalakaan lalu lintas :
 1. Penghentian penyidikan ( SP3 )
     a. Tdk cukup bukti
     b. Peristiwa tsb bukan tindak pidana
     c. Dihentikan demi hukum
         - Tsk meninggal Dunia
         - Tindak pidana kadaluarsa
         - Tindak pidana tsb sudah meperoleh          
           putusan pengadilan.
2. Berkas Perkara Lengkap ( P21 )
3. Berita Acara Cepat (Tipiring) MateriLR 
4. Tilang ( Laka Materi )


Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan

lManusia  - Lengah                          - lelah
                   Ngantuk                         Melanggar peraturan
                   Sakit                              Dibawah Pengaruh Alkohol
                   - Pandangan Terhalang  Tekanan Psikologis
                   Pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan Hukum / 
                     peraturan perundang-undangan di bidang lalu lintas
 lJalan   -Jalan rusak                                      -Licin
                    -Tikungan Tajam                               -Tdk ada Marka
                    -Konstruksi jalan yang tidak benar
                    -Pengurangan jalan 
                    -Rambu-rambu jalan dsb


lInfrastruktur   -Alat-alat pengatur jalan
                           -Pembagian kelas jalan 
                           -Jembatan 
                           -Pulau jalan 
                           -Badan jalan dsb

Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan

lSistem-sistem yg ada    -Sistem transportasi angkutan umum
                                                 -Sistem tata ruang
                                                 -Sistem informasi
                                                 -Sistem pengaturan / penataan pengguna 
                                                   jalan 
lAlam    -Kabut
                -Banjir
                -Badai
                -Tanah longsor
                -Gempa dsb 
lKendaraan  -Mesin kendaraan
                      -Rem
                      -Transmisi 
                      -Lampu 
                      -Ban 
                      -Kemudi
                      -Perlengkapan-perlengkapan lainnya

SP2HP
1.  Pemberitahuan Perkembgn  Hasil Penelitian Laporan
2.  Pemberitahuan Perkembangan  Hasil Penyelidikan
    ( setelah dilakukan riksa terhadap saksi dan Tsk )
3. Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan
    ( setelah cukup bukti )
4. Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan
    ( setelah berkas diserahkan ke JPU ) 
5. Pemberitahuan Perkembangan  Hasil Penyidikan
    ( setelah adanya putusan Pengadilan yg tetap )  

STANDAR  WAKTU PENANGANAN LAKA
1.Laka rugi materi / LR  =  7    hari
2.Laka LB  =  30  hari
3.Laka MD  =  45  hari
4.Laka beruntun  =  45  hari
5.Laka korban masal  =  60  hari
6.Laka tabrak lari  =  90  hari



CARA MEMPEROLEH SANTUNAN 
PT. JASA RAHARJA


1. BILA  ALAMI LAKA LANTAS
2. SEGERA HUB.KTR JASA RAHARJA TERDEKAT UTK DPT  
    INFO CARA DPT SANTUNAN
3. LAMPIRKAN SRT LAP. LAKA DR POLRI
4.  MINTALAH SRT KET CEDERA KORBAN DR RMH SAKIT/ 
     PUSKESMAS / DOKTER YG MERAWAT
5. MINTALAH SRT KET. AHLI WARISDR KELURAHAN / KADES 
    SESUAI ALAMAT KTP AHLI WARIS
6. DOKUMEN TSB SERAHKAN KE JASA RAHARJA UTK DI 
    PROSES & DIBAYARKAN SANTUNAN


SANTUNAN JASA RAHARJA
Permen Keuangan RI No. 36/PM.010/2008
MD                                 =   25   JT
CACAT TETAP               =   25   JT
BIAYA PERAWATAN      =   10   JT
BIAYA PENGUBURAN   =     2   JT
Laka tunggal KR pribadi tdk di tanggung JR


'' KECELAKAAN BERAWAL DARI PELANGGARAN ''

===================================================================



POTRET PENYELENGGARAAN
ANGKUTAN UMUM PENUMPANG
DI WILAYAH PROVINSI BANTEN DAN RENCANA TINDAKLANJUT


Oleh
KEPALA DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI
DAN INFORMATIKA PROVINSI BANTEN
Ir. H. HUSNI HASAN, CES







VISI: 

“PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI
INFORMATIKA BANTEN
YANG HANDAL DAN BERDAYA SAING

MISI
1. MENINGKATKAN KAPASITAS KELEMBAGAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR MENUJU TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK, BERSIH, DAN PROFESIONAL YANG BERORIENTASI PADA PELAYANAN PUBLIK;

2. MENINGKATKAN PELAYANAN PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG TERPADU, SELAMAT, AMAN, KAPASITAS MENCUKUPI, AKSESIBILITAS TINGGI, NYAMAN, CEPAT, TEPAT, TERTIB, TERATUR, BERKESINAMBUNGAN, TERJANGKAU DAYA BELI DAN RAMAH LINGKUNGAN

3. MENINGKATKAN PELAYANAN PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG BERDAYA SAING DAN MEMBERIKAN NILAI TAMBAH.

KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PERHUBUNGAN 

DIFOKUSKAN DALAM RANGKA MENDUKUNG :
PENINGKATAN KESELAMATAN DAN KELANCARAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI MELALUI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA PERHUBUNGAN
KESTABILAN KONDISI KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN MELALUI PENGENDALIAN MUATAN ANGKUTAN BARANG
OPTIMALISASI PELAYANAN  PADA SIMPUL TRANSPORTASI  (TERMINAL, KERETA API,  PELABUHAN DAN BANDARA)
PENGENDALIAN KESELAMATAN DAN KELANCARAN PERHUBUNGAN MELALUI PENEGAKAN HUKUM DAN PERIJINAN
PENGEMBANGAN TRANSPORTASI MASSAL DI PERKOTAAN DAN KETERSEDIAAN PELAYANAN TRANSPORTASI TERUTAMA PADA DAERAH TERPENCIL DAN TERISOLIR
PENDAYAGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN MENDUKUNG PELAYANAN TRANSPORTASI


     DASAR HUKUM PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN
oUU NO 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
oPP NO 37 TAHUN 2011 TENTANG FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
oKM 35 TAHUN 2003 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG DI JALAN DENGAN KENDARAAN UMUM
oPERDA NO 49 TAHUN 2002 TENTANG PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN
oPERDA NO 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH
oPERGUB NO 8 TAHUN 2004 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM DALAM  WILAYAH PROVINSI BANTEN

KENDALA DAN RENCANA TINDAK LANJUT
1.  ANGKUTAN UMUM PENUMPANG TIDAK BERIZIN:
PLAT NOMOR KUNING YG TIDAK MEMPUNYAI IZIN PRINSIP 
     PENGUSAHAAN ANGKUTAN
PLAT NOMOR KUNING YG TIDAK MEMPUNYAI IZIN TRAYEK (SK/KP)
PLAT NOMOR HITAM

PENERBITAN PLAT KUNING  DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PENGANTAR PLAT KUNING

TERJADINYA KEKOSONGAN PELAYANAN ANGKUTAN PADA ZONA/RUAS TERTENTU

RENCANA TINDAK LANJUT
   A.    DALAM PENERBITAN  PLAT NOMOR  KUNING HARUS  MEMPERTIMBANGKAN DOKUMEN  PERIZINAN YANG DIKELUARKAN OLEH DISHUB


 B.    OPTIMALISASI JARINGAN TRAYEK YG ADA DENGAN MELAKUKAN PENGEMBANGAN JARINGAN TRAYEK UNTUK MENJANGKAU ZONA KEKOSONGAN PELAYANAN ANKUTAN

C.     MENGEMBANGKAN ANGKUTAN LINGKUNGAN YG RAMAH LINGKUNGAN (BBG)


RENCANA TINDAK LANJUT
A.       PENATAAN TRAYEK BERUPA PENGALIHAN RUTE/JALUR TANPA MERUBAH ASAL-TUJUAN PERJALANAN 
B.       MENINGKATKAN  INFRASTRUKTUR (KAPASITAS) JALAN BERUPA PELEBARAN JALAN
C.       MENGGESER SIMPUL KE ARAH TERMINAL TERDEKAT DENGAN MENGOPTIMALKAN TERMINAL YG ADA
D.       MENGEMBANGKAN SIMPUL MENJADI SUB-TERMINAL


 RENCANA KENAIKAN HARGA BBM (BENSIN DAN SOLAR) DARI Rp.4.500 
 MENJADI Rp. 6.000, NAIK SEBESAR 33,33%

KENAIKAN TARIF ANGKUTAN UMUM BERKISAR ANTARA 15% s/d 22%





RENCANA TINDAK LANJUT



oPEMBERIAN SUBSIDI PADA KOMPONEN 


  TARIF ANGKUTAN UMUM :

ØSUKU CADANG KENDARAAN;

ØPAJAK KENDARAAN;

oPEMBERIAN DISPENSASI TERHADAP BIAYA


  OPERASIONAL :

ØBIAYA PENGUJIAN KENDARAAN


   BERMOTOR/KIR;

ØRETRIBUSI TERMINAL;

ØPERIZINAN TRAYEK

oOPERASI PENGENDALIAN TARIF


  ANGKUTAN UMUM








RENCANA TINDAK LANJUT LAINNYA

         A.  REGULASI
o PENYESUAIAN PERATURAN TERHADAP PERKEMBANGAN PERMASALAHAN ANGKUTAN
SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANGAN TENTANG PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN
PENEGAKAN HUKUM BERUPA OPERASI PENERTIBAN ANGKUTAN UMUM SECARA TERPADU


    B.  DUKUNGAN PRASARANA & MODA 
         LAINNYA
MENDORONG PENGEMBANGAN ANGKUTAN MASAL MODA KERETA API DENGAN PEMENUHAN PRASARANA PENDUKUNGNYA (PARK & RIDE PADA STASIUN)
MENDORONG ANGKUTAN MASAL BUS (FEEDER) YG BERKONEKSI DENGAN JALUR BUSWAY ATAU JARINGAN/STASIUN KA.

================================================================================




ANGKUTAN PENUMPANG UMUM
DAN DIMENSI KENDARAAN DI WILAYAH PROVINSI BANTEN



     
          Oleh 
          Kepala Pengawasan dan Pengendalian DISHUB Kominfo 
          Prov. Banten






DASAR PELAKSANAAN

1.   Dasar UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu 
      Lintas dan Angkutan Jalan;
2.   Peraturan pemerintah Nomor 41 Tahun 1993 
      tentang Angkutan Jalan;
3.   Peraturan pemerintah Nomor 42 Tahun 1993 
      tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di 
     Jalan;
4.   Peraturan pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 
      tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan;
5.    Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1993 
      tentang kendaraan dan pengemudi;
6.    Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan 
      Darat No. AJ.003/1/13/DRJD/2012 tentang pelaksanaan kegiatan Penegakan Hukum Dimensi Kendaraan Bermotor dan Penegakan Hukum Perijinan Angkutan Secara Nasional


LATAR BELAKANG
1.Banyak terjadi pelanggaran angkutan penumpang 
   umum baik pelanggaran administratif maupun 
   operasional seperti  :
      a.Penggunaan Kartu Pengawasan (KP) yang tidak
       sah;
     b.Izin trayek yang tidak berlaku.
     c.Angkutan Pariwisata beroperasi reguler;
    d.Pemasangan papan trayek, tidak sesuai ijin;
    e.Banyak angkutan umum yang dioperasikan di 
     jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik
     jalan  kendaraan;
   f.Peralatan tanggap darurat;
   g.Jenis pelayanan;
   h.Tiket kepada penumpang angkutan umum;
   i.Tidak terpenuhinya kewajiban pembayaran 
    asuransi Jasa Raharja.
2.  Banyak kendaraan bukan angkutan umum (plat  
     hitam) yang dioperasikan sebagai angkutan umum 
     (pengangkutan orang/barang dengan dipungut 
     bayaran)
3. Jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan yang terus
    meningkat;
4. Biaya operasional perusahaan transporter 
    tinggi
5. Banyak  jalan baik jalan nasional maupun provinsi 
    yang rusak berat;
6. Biaya operasional perusahaan transporter tinggi;
7. Umur teknis kendaraan lebih pendek.

      STRATEGI PENANGANAN 
  1. SISTEM DAN KELEMBAGAAN YAITU ENYUSUN/
                MENYIAPKAN PERDA TENTANG PENANGANAN
                MUATAN LEBIH, YANG DIHARAPKAN DAPAT  
                LEBIH EFEKTIF MENGATUR ANGKUTAN BARANG 
                TERUTAMA KETAATAN TERHADAP BATASAN 
                MUATAN YANG DAPAT MELALUI RUAS JALAN;

2.SUMBER DAYA MANUSIA YAITU MENYIAPKAN TENAGA-TENAGA YANG MAMPU MENINGKATKAN KINERJA PENGAWASAN BAIK QUANTITATIF MAUPUN QUALITATIF;

3.DUKUNGAN PIMPINAN YAITU RENCANA 
     PENINGKATAN FREKUENSI PENGAWASAN 
     TERUTAMA BAGI PENGAWASAN TERHADAP
     PELANGGARAN MUATAN LEBIH ANGKUTAN 
     BARANG PADA TITIK DAN RUAS JALAN TERTENTU;



KENDALA – KENDALA PELAKSANAAN


•  KOORDINASI DENGAN INSTANSI TERKAIT DILAPANGAN
    SECARA UMUM TIDAK ADA MASALAH, HANYA MASIH 
    DIPANDANG KURANGNYA FREKUENSI PEMERIKSAAN 
    YANG TERINTEGRAL DENGAN PUSAT , YANG PADA 
   AKHIRNYA  KURANGNYA PERFORMA SECARA UMUM.

•  PELAKSANAAN PEMERIKSAAN DILAPANGAN SEBAIKNYA 
    BERITA ACARA PELANGGARAN LALU LINTAS UNTUK 
    ANGKUTAN PENUMPANG UMUM MEMUAT DATA 
    INFORMASI YANG DIBUTUHKAN SEHINGGA 
    PELAKSANAANNYA TIDAK MEMAKAN WAKTU YANG 
    BERDAMPAK KEPADA KUANTITAS DAN KUALITAS 
    PEMERIKSAAN.

 KURANGNYA EXPOSE YANG MENYELURUH OLEH MEDIA 
    MASSA SEHINGGA PELAKSANAAN PEMERIKSAAN 
    SERENTAK TERKESAN DILAKUKAN KURANG SERIUS 
    DAN DIKHAWATIRKAN EFEKTIFIITAS PELAKSANAAN TIDAK 
    TERCAPAI.



KONSEP PENANGANAN ANGKUTAN BARANG
 YANG BERLEBIH MUATAN
a.  Kendaraan yang melebihi muatan dikatagorikan sebagai pelanggaran ;

b. Kelebihan muatan angkutan barang dihitung berdasarkan kepada
    penimbangan sumbu-sumbu kendaraan untuk menentukan MST (muatan
    sumbu terberat) lebih dari 5% s/d 15% dari jumlah berat  yangdiizinkan (JBI) 
    dikatagorikan kompensasi tingkat(KepGub No.17 tahun 2004)

c. Pengangkutan barang dengan Kelebihan muatan   lebih dari 15% s/d 25% 
   dari jumlah berat yang diizinkan (JBI) dikatagorikan kompensasi tinggkat II

d.Pengangkutan barang dengan kelebihan muatan  lebih besar dari 25% 
   dari jumlah berat yang diizinkan (JBI) dikatagorikan pelanggaran tingkat III

d.Tindakan pelanggaran yang dilakukan adalah menurunkan barang dengan 
   peralatan tertentu dan atau mengembalikan kendaraan ke asal pengangkuta
   n dan atau melarang operasi kendaraan.

Catatan Perbandingan Persoalan
•    Overloading  merupakan persoalan utama angkutan jalan raya yang hampir terjadi di seluruh belahan dunia

•    Persoalan Overloading  bukan monopoli negara-negara Asia dan yang sedang berkembang saja.
•    Sudag merupakan issue Global. 


==========================================================================================





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar